Friday, June 7, 2013

Fiqih Sunah (jilid 3)

Fiqih Sunah Jilid 3
Add caption
Kerapkali kita merasa kesulitan saat membaca kitab fiqih atau belajar fiqih karena istilah-istilah yang sulit dipahami. Namun berbeda dengan kitab fiqih sunnah karya syaikh sayyid sabiq, kitab yang ditulis selama 30 tahun ini merupakan buku fiqih sederhana yang menggunakan metode “fiqih dalil”. Setiap permasalahan fiqih dibahas, disertai dalil, baik dari Al-quran, as-sunnah, Al-ijma` atau dalil-dalil fiqih yang lainnya.


Walaupun sederhana, buku ini mencakup berbagai masalah fiqih yang biasa kita hadapi dalam keseharian. Tidak berlebihan kalau dikkatakan, dengan membaca buku fiqih sunnah, kebutuhan akan fiqih kita sudah terpenuhi.

Masalah-masalah fiqih dalam buku ini dipaparkan dengan gaya bahasa yang mudah dicerna dan lengkap. Lebih dari itu, syaikh sayyid sabiq berusaha tidak mengangkat perbedaab pendapat yang terjadi diantara para ulama. Namun jika mengharuskan, sayyid sabiq mengemukakannya sekilas.
Sayyid sabiq tidak pernah menarik pendapat-pendapatnya dalam buku ini. Hal ini menunjukkan bahwa beliau tidak menemukan dalil yang mengharuskan beliau menarik pendapatnya dan menggantinya.

Beberapa kritik dilontarkan terhadap buku ini. Diantara kritik yang ada, “buku ini tidak bermadzhab, tidak bermadzhab adalah pintu menuju tidak beragama”. Namun sesunggguhnya…. Buku ini tidak bias dikatakan tidak bermadzhab karena buku ini tidak menyerang madzhab dan tidak menyatakan tidak setuju dengan mazhab. Sayyid sabiq berpegang pada kaidah, “setiap ilmu yang diambil dari ahlinya bias diterima”.

Untuk menjaga kesamaan makna, fiqih sunnah yang diterbitkan Al-i`tishom ini diedit oleh editor ahli, Dr. Muhammad taufik hulaimi, M.A., M.Ed. seorang doctor dibidang ushul fiqih di fakultas syariah universitas umm damman dan pengajar fiqih sunnah sekaligus orang yang pernah bertemu dan belajar fiqih sunnah dengan penulis.

Sumber Resensi: al-itishom.com

Judul Buku           : Fiqih Sunah Jilid 3
Penulis                  : Sayid Sabiq
Penerbit                : Al-Itishom
Tebal buku jilid 1 : 904 halaman 
Tebal buku jilid 2 : 754 halaman
Tebal buku jilid 3 : 734 halaman
Ukuran                  : 15,5 cm x 24 cmPenerbit    : Al-Itishom

Pemesanan: bsi_kharisma@yahoo.com

No comments:

Post a Comment